Pemkot Cimahi Sosialisasi Cegah Peredaran Rokok Ilegal

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi bakal memperketat pengawasan sirkulasi rokok di Kota Cimahi. Hal itu dilakukan untuk mencegah sirkulasi rokok ilegal.

Kepala Komponen Ekonomi pada Setda Kota Cimahi, Tri Laksmihindiah mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengerjakan sosialisasi terhadap stakeholder terkait dan masyarakat.

“Action-nya bulan Juli meniru kabupaten kota yang lain. Nanti kegiatannya sosialisasi dan penindakan,” kata Tri, Jumat (11/6/2021).

Dalam sosialisasi nanti, pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah pihak berhubungan. Seperti Bea Cukai. Ada juga Dinas Perdagangan, Koeprasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) serta Satpol PP Kota Cimahi yang akan dilibatkan dalam penindakan.

“Aku sudah koordinasi dengan Bea Cukai, nanti narasumbernya dari mereka,” ujarnya.

Kemudian upaya lain yang dilakukan dalam mencegah peredaran rokok ilegal, pihaknya juga melaksanakan pengumpulan info untuk data, mengerjakan urvey ke lapangan bersama Disdagkoperind sampai monitoring dan evaluasi.

Kecuali sosialisasi yang dijalankan pihaknya, jelas Tri, sosialisasi seputar problem regulasi perihal peredaran rokok ilegal juga dilakukan Bagian Tata Setda Kota Cimahi.

“Jikalau regulasi berkaitan aturan kebijakan Perda. Padahal untuk Bagian Ekonomi berupa pemberitahuan ke kelurahan, ASN dan masyarakat,” terangnya.

Dirinya melanjutkan, sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya indikasi peredaran rokok ilegal di Kota Cimahi. Terlebih lagi, kata Tri, yang lebih mempertimbangkan ada atau tidaknya peredaran rokok ilegal adalah Bea Cukai.

Kepala Disdagkoperind Kota Cimahi, Dadan Darmawan menambahkan, pihaknya sering kali memberikan imbauan kepada pada pedagang agar tidak melakukan rokok ilegal.

“Bila yang bisa dilaksanakan sekarang merupakan memberi imbauan terhadap tokoh-tokoh mengenai adanya rokok ilegal,” imbuhnya.