Ngatiyana Targetkan Vaksinasi Lansia Rampung Bulan ini

Ngatiyana Targetkan Vaksinasi Lansia Rampung Bulan iniCIMAHI – Pemkot Cimahi menargetkan seluruh warga lanjut umur atau lansia telah disuntikan vaksin Covid-19 pada momen Hari Lansia 29 Mei mendatang.

Untuk menyasar warga Kota Cimahi yang berusia 60 tahun ke atas itu, Pemkot Cimahi membikin Gebyar Vaksinasi yang dimulai per hari ini, Senin (17/5/2021) serentak di segala kelurahan di Kota Cimahi.

“Kita targetkan 29 Mei bisa tercapai seluruh Lansia dikasih vaksin,\” kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana dikala meninjau progres vaksinasi di Kecamatan Cimahi Tengah.

Ngatiyana membeberkan, dipindahkannya lokasi vaksinasi Covid-19 dari Puskesmas ke kelurahan adalah untuk menghilangkan kesan ketakutan dari para lansia untuk divaksin. Karena diakuinya masih ada warga yang enggan untuk divaksin.

“Jadi kita jemput bola di kelurahan. Untuk mengurangi kesan takut juga dari para lansia. Setiap spot kita targetkan 150 orang pertama hari,” sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi menambahkan, warga Kota Cimahi yang masuk kelompok lansia yang telah divaksin Covid-19 baru menempuh 29 persen atau sekitar 15 ribu.

Jumlah keseluruhan Lansia di Kota Cimahi sendiri menempuh sekitar 52 ribu. Data hal yang demikian didapat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi.

“Vaksinasi Lansia di Kota Cimahi sudah mencapai 29 persen. Artinya kurang lebih 15 ribu Lansia yang telah divaksin,” terang Pratiwi.

Dalam Gebyar vaksinasi Covid-19, pihaknya memberikan peluang bagi masyarakat yang non lansia atau umur 18-59 untuk turut disuntikan vaksin. Dengan persyaratan seharusnya membawa dua orang Lansia ke lokasi vaksinasi.

Persyaratan lainnya cuma cukup membawa KTP dan nomor telepon aktif. “Jadi kita berikan vaksin tidak dipungut bayaran untuk 1 orang pendamping yang membawa 2 orang Lansia,” terang Pratiwi.

Artikel Lainnya :  Bantuan CSR Covid 19 Cimahi