Breaking News

Atasi Kemacetan, Pemkot Cimahi Bangun Underpass

ilustrasi

CIMAHI – Pemkot Cimahi bakal membikin underpass mewah di Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi tahun ini. Nilai proyeknya mencapai Rp 101 miliar.

Underpass Sriwijaya itu akan dibangun pas di bawah perlintasan kereta api yang nantinya akan menghubungkan Jalan Dustira dengan Jalan Sriwijaya.

Dengan panjang mencapai 850 meter dan lebar 9 meter, eksistensi underpass tersebut diinginkan menjadi solusi kemacetan yang kerap kali terjadi di kawasan tersebut.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Biasa dan Pemberesan Ruang, Wilman Sugiansyah mengatakan, pengerjaan pembangunan underpass hal yang demikian kini sudah masuk tahap lelang yang ditargetkan rampung akhir Juni mendatang.

“Kini sudah masuk tahap lelang. Sesuai jadwal sasarannya sudah ada kampiun Juni nanti. Sesudah itu baru jasmaniah,” kata Wilman, Senin (24/5/2021).

Pagu anggaran untuk pembangunan mega proyek tersebut menempuh Rp 101 miliar yang ialah bantuan dari Pemprov Jabar, dalam rangka Pemilihan Ekonomi Nasional (PEN). Anggaran tersebut telah dimasukan dalam skema APBD Kota Cimahi tahun 2021.

Wilman mengklaim, seluruh proses perizinan pembangunan underpass termasuk dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ataupun PT KAI sudah rampung. Termasuk problem pembebasan lahan.

“Izin sudah clear, pembebasan lahan juga telah cuma tinggal eksekusinya saja,\” ucap Wilman.

Dirinya melanjutkan, kalau sudah memasuki tingkatan lahiriah, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Cimahi bakal melaksanakan pengendalian lalu lintas. Karena, pembangunan nanti pasti akan berakibat kepada arus lalu lintas.

“Nanti pengalihan arus akan dilakukan untuk memperlancar pengerjaan kontruksi, dan sudah koordinasi dengan Dishub. Tahun ini kemungkinan selesai segala pembangunannya,\” pungkas Wilman.

Artikel Lainnya :  Cimahi Cibabat Jalan