Arus Balik Lebaran 2022, Menhub Minta Masyarakat Waspadai Dua Titik Kemacetan, Ini Lokasinya

Laporan Reporter , Reynas Abdila

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan agar pemudik memperhatikan dua titik utama kemacetan selama arus balik lebaran 2022.

Menurutnya, kedua titik kemacetan itu diperkirakan akan terjadi di tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

“Dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak,” terang Budi di Jakarta, Kamis (5/5/2022).

Ia juga mendukung diterapkannya rekayasa lalu lintas di jalur tol oleh pihak Korlantas Polri menyusul peningkatan pergerakan kendaraan mulai 4 Mei 2022.

“Dengan adanya peningkatan arus balik mulai Rabu Kemarin, menjadi indikasi bahwa masyarakat sudah kembali lebih awal. Insha Allah bisa mengurangi kepadatan di hari puncak arus balik pada tanggal 6 sampai dengan 8 Mei nanti,” kata Menhub.

Berdasarkan hasil koordinasi Korlantas Polri dengan Kemenhub dan juga Jasa Marga, dilaporkan bahwa ruas tol Cipali tidak akan mampu menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B tanpa rekayasa lalin.

Volume capacity (VC) ratio sebesar 1,19 artinya volume kendaraan sudah melebihi kapasitas jalan.

“Hasil pantauan arus lalu lintas pada Rabu (4/5/2022) kemarin mulai pkl 06.00 WIB sd 18.00 WIB dilaporkan bahwa kendaraan yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami tren peningkatan,” tutur Menhub.

Dilaporkan juga dari pantuan CCTV NTMC dan Command Center PJR, serta peta digital, telah terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat.

Begitupun pantauan langsung di lapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar dan Korlantas Polri, arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Sementara Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru memprediksi puncak arus balik menuju Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (8/5/2022).

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jabodetabek pada hari tersebut adalah sebanyak 269.444 kendaraan, naik 53,6 persen dari lalu lintas normal periode November 2021.

Angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jabotabek di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak).

“Prediksi dari arah Timur mencapai 64,64 persen dari total lalin, dari arah Barat sebesar 21,35 persen dan dari arah Selatan sebesar 14,02 persen,” kata Hery.

Distribusi dari arah timur menuju ke arah Jakarta yang mencapai 64,64 persen tersebut, mayoritas akan berasal dari Trans Jawa dan Bandung yang menuju Jabotabek ke via GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

“Tidak hanya terjadi di hari Minggu, peningkatan lalu lintas juga diprediksi sudah terjadi pada H+3 dan H+4 atau pada Jumat-Sabtu, 6-7 Mei 2022, dengan peningkatan kendaraan yang tidak jauh dengan puncak arus balik di 8 Mei 2022,” imbuhnya.

One Way Dipercepat

Polri mempercepat pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way arus balik mudik lebaran 2022 menjadi pada Kamis (5/5/2022).

One way bakal digelar dari gerbang tol Palimanan Utama Km 188 sampai dengan Km 72 Jakarta-Cikampek (Japek).

Polri sebelumnya berencana memberlakukan kebijakan one way dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai KM 47 Tol Cikampek pada 6,7,8 Mei 2022.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa percepatan kebijakan one way tersebut karena adanya trend peningkatan pemudik yang pulang ke Jabodetabek sejak Rabu (4/5/2022) malam.

“Berdasarkan data arus lalu lintas hari Rabu tanggal 4 Mei 2022 dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami trend peningkatan,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Kamis (5/5/2022).

Dedi menuturkan hal itu selaras dengan pemantauan CCTV yang dilakukan oleh NTMC Polri. Menurutnya, pergerakan arus balik terus mengalami peningkatan.

TRENDING :  Viral Nama Unik: 'Lalu Dunia Pun Tersenyum' & 'Dan Semuanya Menjadi Indah' Serta 'Hari Idul Fitri'

“Berdasarkan pemantauan melalui CCTV baik yang ada di NTMC dan command Center PJR serta peta digital terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat,” jelas Dedi.

Ia menjelaskan bahwa anggota dari Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat hingga Korlantas juga melaporkan kondisi serupa.

“Berdasarkan hasil koordinasi dengan stakeholder terkait dan PT Jasa Marga bahwa ruas tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan VCR (volume capacity Ratio) sebesar 1,19,” pungkasnya. ( Network/Reynas Abdila)

Pengaturan Arus Balik Lebaran 2022 Begini Penjelasan Menhub
10 captions 0 04 17 07 17 07 pengaturan arus balik lebaran 2022 begini penjelasan menhub 1 41 apresiasi pengendalian puncak arus mudik di nagreg wantimpres harapkan arus balik juga terkendali 4 13 arus balik diprediksi pada tanggal 6 8 mei menhub sistem one way akan berlaku

Mudik Lebaran 2022 Menhub Sarankan Berangkat Lebih Awal
Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat puncak arus mudik lebaran 2022 kita memprediksi bahwa puncak arus mudik lebaran 2022 ini akan terjadi pada 28 29 april 2022 dan 1 mei 2022 ucap menteri perhubungan menhub budi karya sumadi senin 25 4 2022 kita minta seluruh masyarakat indonesia mudik lebih awal dengan

Menhub Sebut Dua Titik Kepadatan Arus Balik Yang Harus
Bapak presiden joko widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan yaitu mengimbau masyarakat kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6 7 dan 8 mei 2022 kalau cutinya bisa diperpanjang sebaiknya pulang setelah 8 mei ujar menhub rabu 4 5 2022

Arus Balik Lebaran 2022 Menhub Soroti Tol Jakarta
Jakarta menteri perhubungan budi karya sumadi mengungkapkan keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas pada arus mudik lebaran 2022 berkat koordinasi yang dilakukan oleh kepolisian jasa marga kemenhub dan unsur terkait lainnya kami mempersiapkannya jauh jauh hari dengan melakukan simulasi simulasi ujar menhub selasa 3 5 2022 baca juga menperin ajak masyarakat gunakan

Arus Balik Lebaran 2022 Menhub Minta Masyarakat Waspadai
Baca juga arus balik lebaran nampak di tol bawen semarang makin malam kendaraan makin merayap volume capacity vc ratio sebesar 1 19 artinya volume kendaraan sudah melebihi kapasitas jalan hasil pantauan arus lalu lintas pada rabu 4 5 2022 kemarin mulai pkl 06 00 wib sd 18 00 wib dilaporkan bahwa kendaraan yang telah melewati ruas jalan

Catat Ini Tanggal Puncak Arus Balik Lebaran 2022 Ini
Bisnis com jakarta menteri perhubungan budi karya sumadi mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik lebaran yang diprediksi terjadi pada 6 8 mei 2022 menhub mengatakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol semarang jakarta dan penyeberangan bakauheni merak

Arus Balik Mulai Ramai Menhub Minta Korlantas Polri
Insha allah bisa mengurangi kepadatan di hari puncak arus balik pada tanggal 6 s d 8 mei nanti demikian disampaikan menteri perhubungan budi karya sumadi kamis 5 5 2022 berdasarkan hasil koordinasi korlantas polri dengan kemenhub dan juga jasa marga dilaporkan bahwa ruas tol cipali tidak akan mampu menampung kepadatan arus lalin baik

Menhub Sebut Arus Balik Di Jalan Tol Mulai Meningkat
Jakarta menteri perhubungan ri budi karya sumadi menyebutkan pergerakan kendaraan arus balik lebaran 2022 mulai terlihat pergerakan arus balik itu terpantau ke arah barat dari timur jawa di jalan tol adanya peningkatan arus balik mulai rabu 4 5 2022 kemarin menjadi indikasi bahwa masyarakat sudah kembali lebih awal kata budi dalam keterangannya kamis 5 5 2022

TRENDING :  Jokowi Bagi-bagi Amplop Dan Sembako, Ibu-ibu Senang Dapat Minyak Goreng

Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Menhub Sarankan
Budi karya juga mengungkapkan dalam periode mudik lebaran 2022 ini ada rekayasa lalu lintas saat arus mudik dan juga arus balik baca juga menhub minta masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda

Pengaturan Arus Balik Lebaran 2022 Begini Penjelasan Menhub
Menhub waspadai kepadatan saat puncak arus balik 2022masyarakat diminta mewaspadai dua titik utama kepadatan arus lalu lintas saat arus balik lebaran 2022 puncak arus balik mudik diprediksi 6 8 mei 2022 jokowi hindari puncak arus balik lebaran pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada 6 8 mei 2022 jokowi

Jokowi Ajak Masyarakat Hindari Puncak Arus Balik Lebaran 2022
A a a jakarta presiden joko widodo jokowi mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus balik lebaran 2022 puncak arus balik itu diprediksi terjadi pada jumat 6 mei 2022 hingga minggu 8 mei 2022 untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan saya mengimbau saya mengajak bapak ibu dan saudara

Puncak Arus Balik Mulai Besok Menhub Imbau Masyarakat
Global news ch se dk no nl be uk de fr fi it at es pt pl ie gr cz tr ae ca jp

Puncak Arus Balik Lebaran 6 8 Mei 2022 Menhub Imbau
Jakarta ayosemarang com menteri perhubungan budi karya sumadi mengimbau masyarakat agar bisa kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik lebaran 2022 puncak arus balik lebaran 2022 diprediksi terjadi pada 6 8 mei 2022 mendatang menhub mengatakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol semarang jakarta dan penyeberangan bakauheni merak

Menhub Minta One Way Saat Mudik Kembali Diterapkan Pas
Waspada kepadatan ini jadwal lengkap one way arus balik lebaran 2022 menhub mengungkapkan keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas ini berkat kerja sama yang dilakukan pihak kepolisian pt jasa marga persero tbk kemenhub dan unsur terkait lainnya kami mempersiapkannya jauh jauh hari dengan melakukan simulasi simulasi ujar

Arus Balik Hindari Tanggal Padat Perjalanan Republika Id
Menurut presiden semua kebijakan kembali dilakukan agar masyarakat tetap nyaman saat melakukan perjalanan arus balik lebaran menteri perhubungan menhub budi karya sumadi juga memprediksi arus balik lebaran idul fitri 2022 akan terjadi pada 6 8 mei pemudik diminta menghindari tanggal padat perjalanan tersebut saat arus balik

Puncak Arus Balik Lebaran 6 8 Mei 2022 Menhub Ini Dua
Jakarta inews id menteri perhubungan menhub budi karya sumadi mengatakan puncak arus balik lebaran diprediksi terjadi pada 6 8 mei 2022 terkait dengan itu masyarakat diminta waspada terutama pada titik kemacetan menurut dia ada dua titik kemacetan yang perlu diwaspadai pengemudi kendaraan saat arus balik yaitu tol semarang jakarta

Puncak Arus Balik 6 Sampai 8 Mei Menhub Minta Masyarakat
Puncak arus balik 6 sampai 8 mei menhub minta masyarakat perpanjang cuti kerja fajar co id jakarta menteri perhubungan budi karya sumadi mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6 hingga 8 mei 2022 mendatang budi menyebut dua titik utama yang perlu diwaspadai

Menhub Sebut Puncak Arus Balik Bakal Terjadi Pada 6 8 Mei
A a a jakarta menteri perhubungan budi karya sumadi mengimbau masyarakat untuk dapat melakukan mudik kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6 8 mei 2022 mendatang menhub mengatakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol semarang jakarta dan penyeberangan

Menhub Minta Pemudik Lakukan Arus Balik Lebih Awal
Eko nordiansyah 04 mei 2022 17 17 jakarta menteri perhubungan budi karya sumadi menyarankan kepada pemudik untuk bisa menjalani arus balik lebih awal upaya ini dilakukan untuk menghindari kepadatan selama arus balik setelah libur lebaran idulfitri 1443 hijriah persiapkan diri dengan balik lebih awal untuk menghindari kepadatan lalu

TRENDING :  Dorong Bali Bebas Covid-19, BIN Lakukan Safari Vaksinasi Ke Masjid-masjid

Pengaturan Arus Balik Lebaran 2022 Begini Penjelasan Menhub
Tv pemerintah mengklaim sejauh ini pelaksanaan dan pengaturan arus mudik lebaran di tahun ini berjalan dengan baik masyarakat yang telah melaksanakan mudik lebaran 2022 harus selalu

Arus Balik Lebaran 2022 Menhub Minta Masyarakat Waspadai
Arus balik lebaran 2022 menhub minta masyarakat waspadai dua titik kemacetan ini lokasinya menteri perhubungan budi karya sumadi menyampaikan agar pemudik memperhatikan dua titik utama kemacetan

Puncak Arus Balik Mulai Besok Menhub Imbau Masyarakat
Suara com menteri perhubungan budi karya sumadi mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6 s d 8 mei 2022 mendatang menhub mengatakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol semarang jakarta dan penyeberangan bakauheni merak

Cegah Penumpukan Kendaraan Menhub Minta Masyarakat Balik
Masyarakat diimbau lebih awal melakukan perjalanan arus balik lebaran 2022 atau setelah 8 meiimbauan itu disampaikan menteri perhubungan menhub budi karyadi menhub minta masyarakat balik setelah 8 mei keamanan kamis 05 mei 2022 04 07 00 wib menhub budi memprediksi puncak arus balik lebaran 2022 bakal terjadi pada tanggal 6 8 mei

Menhub Sebut Akan Ada Lonjakan Arus Balik Lebaran 2022
Menhub sebut kelonjakan pada arus balik terjadi pada tanggal 6 hingga 8 mei dihimbau para pemudik untuk kembali ke pulau jawa sebelum 6 mei 2022 arusbalik menhub sebut kelonjakan pada arus balik terjadi pada tanggal 6 hingga 8 mei dihimbau para pemudik untuk kembali ke pulau jawa sebelum 6 mei 2022 dengan adanya prakiraan itu ia meminta agar gubernur maupun kapolda dapat menyampaikan

Puncak Arus Balik 6 8 Mei Menhub Imbau Pemudik Kembali
Jakarta beritasatu com menteri perhubungan budi karya sumadi mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik lebaran yang diprediksi terjadi pada tanggal 6 sampai dengan 8 mei 2022 mendatang menhub mengatakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol semarang jakarta dan penyeberangan bakauheni merak

Arus Balik Lebaran 2022 Menhub Minta Masyarakat Waspadai
Polri mempercepat pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way arus balik mudik lebaran 2022 menjadi pada kamis 5 5 2022 one way bakal digelar dari gerbang tol palimanan utama km 188 sampai dengan

Puncak Arus Balik 6 8 Mei Menhub Waspadai Tol Semarang
Jakarta menteri perhubungan menhub budi karya sumadi mengimbau masyarakat untuk dapat melakukan mudik kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6 8 mei 2022 mendatang menhub mengatakan dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan arus balik yaitu tol semarang jakarta dan penyeberangan bakauheni merak

Antisipasi Puncak Arus Balik Lebaran Menhub Minta Tolong
Antisipasi puncak arus balik lebaran menhub minta tolong gubernur lampung lampung menteri perhubungan budi karya sumadi menyampaikan bahwa puncak arus balik lebaran akan terjadi pada tiga hari terakhir libur lebaran karenanya dia meminta agar masyarakat bisa kembali sebelum puncak arus balik karena pada tanggal 6 7 8 mei akan terjadi

Menhub Minta Waspadai 2 Titik Padat Arus Balik Tol
Oleh karena itu menhub mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6 sampai 8 mei 2022 mendatang bapak presiden joko widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum